Surga

Penghuni Surga abadi di dalam Surga, senantiasa muda, dalam keadaan bahagia, bersandar diatas ranjang, senantiasa dalam keteduhan karena tidak ada matahari, pakaian nya tidak pernah rusak, tidak merasakan lelah, tidak ada rasa dengki terhadap penghuni Surga lainya. Read more

Monday, July 22, 2013

Mengingatkan Beribadah


    Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita mengalami kesulitan untuk megingatkan teman/saudara dalam hal beribadah. Terkadang terbesit rasa 'sungkan' untuk mengingatkannya. Padahal beribadah (misalnya shalat) adalah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim. Berikut adalah secuil ulasan mengenai mengingatkan beribadah

    Cara membangunkan muslim agar sholat
    1. Membangunkan dia sebelum masuk waktu sholat, hukumnya SUNNAH agar dia bisa jamaah di awal waktu sholat

    1. Membangunkan dia sesudah masuk waktu sholat, hukumnya FARDHU KIFAYAH atas orang yang tahu situasinya, karena dia telah sadar ketika waktu sholat sudah masuk. Hal ini termasuk amar ma'ruf (memerintahkan kebaikan)

    Apabila lupa hingga tidak melaksanakan sholat, maka jika lupa karena perbuatan ibadah (mambaca Al-Quran, dll) maka tidak apa/tidak berdosa. Jika lupa bukan karena ibadah (main catur, dll) maka tidak boleh/berdosa.

    Amar ma'ruf & nahi munkar (memerintahkan ibadah & mencegah kemunkaran) memiliki syarat" di EMPAT SISI :
    1. Yang memrintah/melarang
    1. Yang diperintah/dilarang
    1. Jenis perbuatan
    1. Cara memrintah/melarang
    Jika terpenuhi maka menjadi fardhu kifayah, jika tidak terpenuhi salah satu syarat saja maka hukum amar ma'ruf & nahi munkar berubah menjadi sunah/mubah/haram, tergantung syarat apa yang tidak terpnuhi.
    Diantara syarat dari sisi Yang Memrintah/Melarang adalah nasehatnya didengarkan.



No comments:

Post a Comment